Adgroup

Kamis, 21 April 2016

Kapan Idealnya Ban Motor Diganti? Banyak yang Tidak Tah


Ban merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor karena berkaitan langsung dengan gerak laju kendaraan. Akibat kurangnya perhatian terhadap komponen ini beberapa kasus sering kali terjadi, seperti pecah ban dan terjatuh saat jalan dalam keadaan licin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenali waktu yang tepat untuk mengganti ban. Teknisi Superban, Ali mengatakan, ada beberapa hal yang menunjukkan ban motor sudah harus diganti.


“Semuanya ada masa gantinya. Sangat bahaya apabila pemilik motor tidak mengetahui ban motornya sudah harus diganti, karena ban yang aus dan sudah tidak layak dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ungkapanya kepada Jayaraya, Jumat 8 Januari 2016.


Melihat jarak tempuh yang telah dilalui motor merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Untuk ban depan, jarak normal untuk penggantian motor adalah 12 ribu kilo meter, sedangkan untuk ban belakang 10 ribu kilo meter.


Selanjutnya adalah memperhatikan tanda segitiga yang ada di sela-sela alur kembang ban dengan huruf TWI (tread wear indicator). Tanda ini merupakan patokan keausan ban. Jika ketebalan kembang ban sudah sama dengan tanda TWI, ban motor sudah aus dan perlu dilakukan penggantian secepatnya.


Selain itu, untuk mengetahui kondisi ban juga dapat dilakukan secara visual dengan mengecek kedalaman alur kembang ban. Jika kedalaman alur sudah terlihat kurang dalam berarti ban sudah tergolong aus dan perlu diganti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar