Adgroup

Rabu, 04 Mei 2016

TIPS AGAR TETAP FIT SAAT TOURING


Sebagai Bikers, sering kali lupa bahwa sehari-hari kita membawa harta yang paling mahal dalam hidup ini. Harta itu adalah kesehatan. Aktifitas riding secara rutin tentunya akan berdampakpada kesehatan fisik maupun mental.
 
Selain perilaku safety riding ada juga tips berkendaraan tentang pengaruh kesehatan bagi  bikers dan bagaimana cara mengatasinya.. 
 
1. CEGAH KELELAHAN
 
Untuk mencegah kelelahan karenamelakukan riding rutin harian atau jarak jauh, lakukan pemanasan minimal 2menit dengan lari-lari kecil untuk melemaskan otot. Tujuannya untuk menghindari rasa pegal-pegal pada bagian pinggang, tangan, kaki, dan persendiaan.
 
2. ISTIRAHAT
 
Aktivitas riding jarak jauh maksimal 2 jam riding nonstop.Biasakanlah Bro & sis bikers istirahat sejenak diselingi pelemasan, jangan lupa sesuaikan posisi mengendarai motor dengan postur tubuh.Biasakanlah tidak menekuk punggung selama perjalanan agar tidak cepat lelah

3. CELANA DALAM
 
Pada saat melakukan aktivitas riding jarak jauh,disarankan tidak memakai celana dalam yang ketat. Tujuannya agar bro & sis bikers tidak terkena alergi kulit. Pakailah celana hawaii atau celana berbahan katun yang longgar dan fleksibel.
 
4. MASKER
 
Yang ini pasti bro & sis bikers sudah sering pakai,tambahan tipsnya perhatikan kebersihan hidung,pakailah masker dengan filter udara(jika memakai helm half face)dan selalu bersihkan hidung setiap sesudah riding.
 
5. CUCI MATA
 
Mata akan semakin beresiko kotor jika memakai helmyang memungkinkan udara untuk masuk ke muka. Biasakan  bersih-bersih mata dengan boor water atau obat tetes mata secara rutin, paling tidak seminggu sekali, ketika mata perih atau setelah melakukan perjalanan jauh.
 
6. PELINDUNG LEHER
 
Biasakan memakai masker atau balaclava yang bisa menutupi leherdan tengkuk yang terbuka antara helm dan jaket. Tujuannya aganbikers dapat menghindari kotoran berupa debu yang menempel ke leher, jika dibiarkan kotoran tersebut menjadi daki atau alergi kulit lainnya.
 
7. KERINGAT DAN JAKET

Meskipun hanya duduk diatas motor, badan  pasti berkeringat kan? Apalagi saat melakukan riding jarak jauh. Hal ini bisa menimbulkan gatal dan rasa tidak nyaman. Solusinya, sesuaikan jaket dengan cuaca. Jika cuaca panas, pakailah jaket yangmemungkinkan aliran udara masuk agar ada sirkulasi udara dan pakailah warna-warna jaket yang terang sebab dapat memantulkan hawa panas.

8. NGANTUK KOK RIDING??

Jangan melakukan aktifitas berkendaraan langsung, terutama ketika baru bangun tidur, karena kesadaran belum penuh dan panca indera belum siap. Lakukan pemanasan dengan olahraga kecil untuk melenturkan seluruh otot persendiaan.
 
9. TENANGKAN PIKIRAN
 
Aktifitas riding rutin setiap hari, pasti menemukan banyak masalah dijalan.
Apalagi aganbikers yang tinggal di Jakarta dan kota-kota besar lainnya,banyak orang yangasal-asalan membawa sepeda motornya. Jangan terpancing emosi,tetap sabar. Kalaupun terpancing emosi dan merasa sebal,luapkan sesekali dengan mengumpat dibalik helm.Kalau masih sebal juga,silahkan minggir ditempat aman dan teduh, kemudian cari minuman seperti kopi, teh, juice, dan lain-lain untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Memilih Makanan Yang Baik Sebelum Berkendara

Kesehatan tidak hanya kondisi kendaraan yang harus sehat, tapi juga pengemudinya tidak boleh kalah sehat. Jelas kesehatan Anda sebagai pengemudi wajib hukumnya untuk diperhatikan. Makanan sehat dan tepat bisa jadi pilihan yang patut diperhitungkan. Sebelum berkendara, salah satu hal yang perlu disiapkan adalah jenis makanannya. Karena makanan merupakan bahan bakar utama untuk operasional sistem organ di dalam tubuh manusia. Syarat utama memilih makanan ini adalah yang sehat dan tentu saja efeknya tidak mengganggu saat di perjalanan. Ada baiknya bagi Anda untuk tidak mengonsumsi teh atau kopi sebelum berkendara. Terutama untuk perjalanan jarak jauh. Dua minuman ini dikenal sering membuat perut cepat keroncongan karena lapar. Selain itu juga, minuman berkafein ini memicu tubuh lebih cepat mengeluarkan air seni. Asupan karbohidrat seperti protein tentu saja sangat berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Stamina dan tenaga di dalam tubuh, akan sangat mudah didapat dari asupan gizi dari karbohidrat dan protein ini.

Memilih Makanan Yang Baik Saat Berkendara

Menjaga kebugaran tubuh saat menyetir, tentu wajib hukumnya untuk diperhatikan. Apalagi untuk Anda yang sedang melakukan perjalanan jauh seperti halya mudik. Jika perlu, makanan dan minuman ini, bisa Anda siapkan sebelum keberangkatan. Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah air. Khususnya yang paling disarankan adalah air putih. Karena air putih tentu saja sangat berguna untuk mempertahankan cairan tubuh sekaligus menjaga kesegaran fisik. Menyiapkan jus buah sebelum berangkat, juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Karena sifatnya yang kaya akan vitamin, akan membantu Anda untuk tetap bugar selam perjalanan. Untuk asupan karbohidrat, bisa Anda akali dengan roti atau biskuit. Pilihlah roti yang tidak menyisakan remah, agar tidak merepotkan selama perjalanan. Selain itu, ada baiknya juga untuk menyiapkan makanan dari kacang-kacangan. Makanan jenis ini terbukti mengandung vitamin E yang cukup banyak. Disamping itu, dengan camilan ini, juga bisa membuat Anda terjaga selam perjalanan. Anda bisa tetap terjaga dari kantuk, meski saat perjalanan jauh. Tentu saja yang tak kalah besar manfaatnya adalah buah-buahan. Pilihlah buah yang memang praktis untuk dikonsumsi. Atau jika memungkinkan, mintalah kepada penumpang lain untuk mengupaskannya untuk Anda. Buah-buahan ini jelas banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kebugaran fisik Anda selama berkendara.

Kesehatan mata

Buat para bikers yang sehari-hari mengendarai sepedamotor, rasanya perlu memperhatikan kesehatan kedua mata. Debu, asap kendaraan dan sinar ultra-violet yang menjadi santapan para bikers setiap hari dapat membahayakan kedua mata.
Berikut ini beberapa tips atau petunjuknya:
  1. Makan makanan 4 sehat5 sempurna,yang mengandung, karbohidrat, protein, vitamin. Contoh makanannya bisa seperti nasi, sayuran, daging/ikan, buah-buahan dan susu.
  2. Jangan membaca di tempat kurang cahaya karena jika kedua mata bekerja keras untuk waktu yang panjang dengan cahaya kurang, maka mata akan cepat lelah meski banyak otot yang digunakan. Kondisi ini dapat mengakibatkan beberapa efek fisik seperti mata sakit, gatal, sakit kepala.
  3. Agar mata tetap sehat, jangan terlalu lama di depan komputer/laptop karena kedua mata kita akanmudah lelah, usahakan setiap 10-20 menit, alihkan pandangan kita kedinding.
  4. Usahakan menggunakan pelindung mata tambahan karena kaca helm saja tidak cukup untuk melindungi kedua mata dari sinar ultra violet. Pakailah kacamata yang mampu menahan sinar UV.
  5. Jangan mengucek-ucek kedua mata ketika gatal. Pakailah tetes mata atau obat yang disarankan oleh dokter
Mari ciptakan berkendaraan yang aman dan nyaman, jangan AROGANSI di jalan raya,
tingkatkan TENGGANG RASA serta TOLERANSI dalam berkendaraan.
 
SELAMAT BERLIBUR BRO......
 
Referensi: http://www.hondacommunity.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar